KKN Salah Sasaran

Oleh: Supriyadi
Batealit – Kuliah Kerja Nyata (KKN) INISNU 2011 berorientasi pada Baca Tulis Al-Qur’an sebagai aplikasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi dinilai tidak tepat sasaran.
Setelah menyelenggarakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di berbagai jurusan, kali ini INISNU Jepara mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) 2011yang dimulai tanggal 25 Oktober sampai  3 Desember.
Peserta yang terdiri dari Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah cabang,  Fakultas Syari’ah dan Fakultas Dakwah bahu membahu dan antusias menjalani program- program yang telah dicanangkan, agenda yang sepenuhnya melibatkan warga masyarakat adalah bentuk perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan BTA diharapkan mampu meminimalisir degradasi pengetahuan masyarakat terhadap huruf-huruf alqur’an, hal ini selaras ketika masyarakat setempat adalah kebanyakan orang-orang muallaf yang masih awam dengan huruf-huruf hijaiyyah.
Tetapi berbeda dengan realita yang terjadi sekarang ini, menurut salah satu mahasiswa yang ikut KKN “BTA kali ini tidak tepat karena kebanyakan dari masyarakat itu sudah tahu bahkan hafal dengan huruf-huruf hijaiyyah, hal ini disinyalir dari kemungkinan bahwa panitia KKN tidak melakukan riset terlebih dahulu”.  
Hal senada juga dilontarkan oleh perserta KKN di Nalumsari, bahwa kebijakan dalam KKN kali kurang tepat sasaran, masyarakat lebih membutuhkan hal-hal yang bersifat mendidik, mengupayakan lapangan kerja baru sesuai jurusan dan aplikasi inovatif yang diberikan oleh mahasiswa kepada masyarakat desa tersebut.
Di akhir perbincangan, mahasiswa tersebut menambahkan “KKN tahun depan diharapkan yang sesuai bidang jurusan masing-masing per-fakultas, jadi orang-orang syari’ah dan dakwah tidak ngajar seperti halnya orang-orang tarbiyah”. Ini yang menjadi PR bagi panitia KKN INISNU tahun depan untuk menciptakan keselarasan program studi dan aplikasinya terhadap pengabdian masyarakat.[Ah/rs]
-Supriyadi
Pimpinan Usaha LPM BURSA
Mahasiswa Fakultas Syari’ah Semester V
0 Komentar untuk "KKN Salah Sasaran"

Back To Top