Menjadi Mahasiswa Yang Sadar Akan Kebutuhan

Disadari ataupun tidak kita sebagai mahasiswa mempunyai tugas dan peranan dalam memajukan serta menjadi penentu nasib bangsa ini dimasa depan. Dewasa ini banyak berdiri perguruan tinggi dengan menyuguhkan berbagai fasilitas dan keungulan yang dimiliki guna menunjang pembelajaran yang ada  dikampus. Hal tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu magnet dalam meningkatkan kualitas mahasiswanya.

Namun juga dewasa ini, kita sebagai mahasiswa masih banyak yang belum menyadari ataupun mengetahui apa hakikatnya mahasiswa itu, yang seperti apa dan bagaimanakah  hakikat mahasiswa, terlebih mahasiswa ideal yang berkualitas. Hendaknya seorang mahasiswa mampu atau paling tidak berusaha menjadi individu yang berorientasi kedepan baik dalam konteks intelektualitas, sosial maupun kepribadian. Namun masih sedikit dari kita yang menyadari hal tersebut atau telah mengetahui namun belum memiliki kemauan untuk melakukanya.

Seperti halnya bila kita berbicara mengenai mahasiswa yang berkualitas secara intelektulitas. Misalnya, dalam kampus kita sendiri belum begitu jelas  terlihat akan kemauan mahasiswa untuk menjadi seorang mahasiswa ideal. Hal tersebut dapat kita lihat dari minat dan kesadaran akan kebutuhan membaca bagi mahasiswa, yang seharusnya menjadi kebutuhan dasar, atau bisa juga dikatakan bahwa minat baca dari mahasiswa masih sangat minim. Membaca belum menjadi budaya dikampus kita, kemudian masih malasnya mahasiswa dalam berdiskusi. Dalam lingkungan kampus kita tercinta ini  masih sangat jarang kita temukan adanya forum-forum kecil  yang digunakan dan dimanfa’atkan para masyarakat kampus untuk berdiskusi, yang ada kebanyakan hanya kumpul-kumpul untuk merumpikan hal-hal yang jauh dari bahasan keilmuan yang ditekuni. Meskipun kadang ada forum-forum ilmiah yang diadakan dikampus seperti seminar, pelatihan dan sejenisnya, hanya sebagian kecil yang  menghadiri.

Begitupun dalam berorganisasi, keinginan atau minat untuk berorganisasi mahasiswa masih sangat kurang dengan berbagai alasan. Padahal dengan berorganisasi merupakan sarana dalam mengembangkan diri yang diperlukan oleh seorang mahasiswa, dan bisa dikatakan sebuah kampus tidak bisa maju  tanpa adanya organisasi mahasiswa dalam kampus tersebut.

Mungkin kini sa’atnya kita sadar akan masalah-masalah yang melanda kita sebagai mahasiswa, sehingga kita akan berusaha mengadapi masalah yang kita hadapi tersebut. Kemudian dapat menuntun kita untuk menjadi individu-individu terpelajar yang lebih baik dan berbobot baik jasmani maupun rohani. Itu semua dapat kita mulai dari diri kita sendiri masing-masing. Karena pertama yang terpenting adalah motifasi yang kita tanamkan pada diri kita untuk maju, bukan orang lain dan failitas-fasilitas kampus yang merupakan urutan nomor dua dan seterusnya. Marilah kita bersama-sama sadar dan berusaha menjalankan kewajiban-kewajiban kita sebagai mahasiswa yang mampu menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang maju dan jauh dari kesengsaraan dan kemiskinan.(S)

Siti Masruroh
Mahasiswa Fakultas Syari’ah Semester II
INISNU Jepara

0 Komentar untuk "Menjadi Mahasiswa Yang Sadar Akan Kebutuhan"

Back To Top