Pemanfaatan Fasilitas (kurang) Optimal

Rasa keamanan dan kenyamanan ketika belajar dalam suatu kampus perlu diperhatikan oleh pengelola kampus baik dari segi pembelajaran, fasilitas maupun dari segi keamanan dalam parkir.
Ketersediaan fasilitas keamanan di kampus UNISNU dinilai telah cukup baik untuk saat ini. Terutama di gedung hijau, beberapa fasilitas penunjang untuk keamanan sudah tersedia, seperti Closed Circuit Television (CCTV), tabung pemadam kebakaran, selang hydrant serta Pos satpam yang terletak dekat dengan gedung hijau.
Meski demikian, M. Saiful Kalim mengatakan bahwa fasilitas seperti CCTV belum mampu digunakan secara maksimal. Beliau mencontohkan ketika motornya disabotase beberapa minggu yang lalu. “Ketika saya pulang dari luar kota saya mendapati motor saya sudah dilem pada kunci motor dan tengki bensin sehingga saya harus membawa motor saya ke bengkel untuk diperbaiki”. Kejadian ini tak pelak membuat beliau sedikit marah, apalagi kemudian beliau juga tidak mendapati adanya rekaman CCTV yang seharusnya mampu memberikan jawaban terkait siapa pelaku pada kejadian itu. Dengan nada kecewa beliau mengatakan, “CCTV kampus waktu itu mati, padahal kalau CCTV dihidupkan tentu kejadian itu akan terlihat jelas dalam rekaman CCTV”. 

Tim redaksi Bursa juga mencatat dua hari sebelum kejaidan terswebut ada sebuah kejadian yaitu “Gerbang Kampus terkunci” sehingga mahasiswa yang mau pergi kekampus dan sebaliknya sedikit mengalami gangguan selama beberapa jam. Kejadian itu ditengarai karena tempat satpam tidak berada di tempat yang strategis, sehingga memungkinkan seseorang melakukan hal tersebut karena pos satpam yang jauh dari gerbang kampus.
Kejadian ini menunjukkan bahwa dalam satu sisi segala fasilitas selalu diusahakan untuk dilengkapi, namun di sisi lain, dari fasilitas yang telah ada, kampus ini tidak mampu menggunakanya secara maksimal untuk menciptakan sebuah rasa aman bagi para penduduk kampus. Sehingga tidak dapat dipungkiri adanya pemenuhan segala fasilitas kampus menjadi sia-sia ketika tak mampu digunakan dengan semestinya. Kalau kita mempunyai fasilitas yang banyak namun tidak digunakan secara maksimal maka akan digunakan orang-orang yang tidak  bertanggung jawab.
Dalam tulisan ini kami memohon pada pihak kampus supaya memberikan rasa kenyamanan bagi penduduk kampus dengan mengaktifkan semua CCTV setiap hari dan juga kejadian penguncian gerbang tidak dapat dicegah dengan memindahkan pos satpam., sehingga suatu saat bila ada kejadian yang seperti yang dialami oleh sahabat  M. Saiful Kalim tidak akan terulang lagi di kemudian hari. (RS/Muwasaun)

0 Komentar untuk "Pemanfaatan Fasilitas (kurang) Optimal"

Back To Top