LKIF Adakan Rukyah

Rukyatul Hilal, Melihat Hilal, Melihat Bulan, Hilal,
Peserta Rukyatul Hilal Tahun Lalu.
Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) Fakultas Syari’ah dan Hukum UNISNU Jepara akan mengadakan Rukyatul Hilal 1 Dzulhijah (24 September 2014) pada jam 16:00 WIB.yang akan dilaksanakan di Pantai Kartini Jepara.

Usman selaku Ketua LKIF menuturkan Pantai Kartini adalah salah satu tempat yang ditunjuk dan dipercaya oleh Kementrian Agama sebagai salah satu tempat diseluruh titik di Indonesia untuk melihat hilal dengan memandang Pantai Kartini merupakan pantai yang memadai dan strategis.

Target Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa UNISNU yang ingin mengetahui cara dalam menentukan tanggal pertama bula Qomariyyah. Terkait teknis pemberangkatannya, Mahasiswa diharapkan kumpul terlebih dahulu di Kampus untuk mengkondisikan peserta lain yang akan ikut melakukan rukyatul hilal.

“Kami selaku kepengurusan lebih menekankan pada Mahasiswa baru Fakultas Syari’ah dan Hukum untuk mengikuti acara tersebut karena kegiatan tersebut tidak ada dalam kegiatan perkuliahan” ujar Usman saat diwawancarai Tim Redaksi LPM Burs@.

Usman juga menyatakan kegiatan tersebut merupakan ajang Promo LKIF untuk memperkenalkan metode rukyah pada mahasiswa baru, selain itu hukum mempelajari Ilmu Falak adalah Fardlu Kifayah, bahkan bisa jadi Fardu Ain dengan konteks sekarang ini.

Rukyatul Hilal kali ini mempunyai konsep yang berbeda dari dari biasanya, yaitu dengan melaksanakan acara di tempat kejadian perkara (red: Pantai Kartini) dimulai dengan pembukaan serta sambutan dari perwakilan pengurus dan Pembina LKIF, bapak Hudi, S.H.I, M.Si. kemudian dilanjutkan dengan pemaparan metode serta Alat Rukyah yang digunakan.

Harapan dari segenap panitia adalah Semua mahasiswa baru dapat mengikuti Rukyatul Hilal tanpa kecuali karena acara tersebut merupakan ajang Praktek sekaligus membuka pengetahuan baru mengenai Kajian Ilmu Falak.RS.Niam
0 Komentar untuk "LKIF Adakan Rukyah"

Back To Top