OSPEK sebagai ajang kemandirian dan kreatifitas Mahasiswa

ospek unisnu 2014
Mahasiswa Baru UNISNU Jepara pada tanggal 1-4 September 2014 akan melaksanakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Namun sebelum pelakasaan OSPEK tersebut Mahasiswa Baru juga harus melaksanakan Technical Meeting (TM) untuk mengetahui seluk beluk, teknis serta hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam OSPEK nantinya. TM tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2014 kemarin untuk Fakultas Syari’ah dan Hukum, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Dakwah dan Komunikasi. Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis TM dilaksanakan pada Hari Kamis (28/8) dan Sain dan Teknologi TM dilaksanakan pada Sabtu (30/8).

Dalam TM yang dilaksanakan di Fakultas Syari’ah dan Hukum, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan Dakwah dan Komunikasi, Peserta TM sangat antusias mengikuti jalannya acara. Sedangkan Panitia OSPEK Universitas yang diwakili oleh Ahmad Sunani MR mengucapkan selamat datang kepada Peserta OSPEK UNISNU 2014. Sunani juga menyatakan OSPEK kali ini berbeda dari OSPEK tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaannya OSPEK sendiri akan dilaksankan 2 tahap, untuk tahap 1 diikuti oleh kurang lebih 900 Mahasiswa dari 5 Fakultas yang ada.

“Perbedaan OSPEK kali ini dengan OSPEK sebelumnya adalah hari pertama dan kedua lebih menekankan kepada Pengenalan Kampus UNISNU Jepara. Sedangkan hari ketiga dan seterusnya menekankan kepada Pengenalan Fakultas, baik itu pengenalan sistem akademik, Kefakultas dan lain-lain.” Imbuh Sunani dalam sambutannya.

Pelaksanaan OSPEK serasa kurang lengkap kalau tidak ada perbekalan dalam setiap penyelenggarannya. Begitupun dengan OSPEK yang diselenggarakan kali ini. OSPEK seringkali dianggap beban bagi setiap Mahasiswa baru yang mengikutinya dikarenakan dianggap akan memberatkan peserta. Namun Pendapat yang berbeda disampaikan oleh ketua SC OSPEK Universitas, Joko Syahputra. “Perbekalan OSPEK merupakan kegiatan yang akan melatih peserta baru untuk mandiri, kreatif dan bertanggung jawab” Ujar beliau yang pernah menjabat Pimpinan Umum LPM Burs@ Periode 2012-2013.

Menurut Joko, tujuan utama OSPEK dengan berbagai aktifitas didalamnya, akan merubah mindset siswa menuju mahasiswa yang mempunyai sifat nalar kritis.
0 Komentar untuk "OSPEK sebagai ajang kemandirian dan kreatifitas Mahasiswa"

Back To Top