Seleksi Kemampuan Dosen

Seleksi Kemampuan Dosen, kemampuan dosen, pendaftaran dosen, kuliah, dosen berkualitas
Seleksi Dosen
Akhir-akhir ini, setelah kampus terlahir sebagai Universitas, banyak pula lahir seorang dosen dengan gelar baru yang secara kualitas ada yang baik namun ada pula yang bisa dianggap kurang memumpuni. Kelahiran Universitas memang membutuhkan banyak dosen. Akan tetapi dosen tidak asal pilih, dari segi pengetahuan dan pengajaran harus menjadi pertimbangan utama. Dengan umur kampus yang masih muda, saya kira belum banyak pertimbangan atau juga bisa dikatakan sudah mempunyai standarisasi namun belum selektif. Hal ini perlu difikirkan terkait output dari perkuliahan mahasiswa. Dosen yang kurang memumpuni dapat saya katakan menghambat daya fikir mahasiswa. Oleh karenanya dosen yang berkualitas adalah kebutuhan mahasiswa saat ini.

Dalam memilih seseorang dosen kiranya tidak cukup dengan menilai gelarnya saja. Pendapat saya pribadi bahwa dosen yang kurang aktif dalam perkuliahan membosankan sekali. Kedepan, kampus ini harus lebih selektif memilih calon dosen dengan standarisasi yang ada. Hal ini penting dilakukan semata-mata demi kebaikan semua mahasiswa, juga Universitas.

Asas professional kiranya perlu ditunjukkan terkait memilah dosen-dosen baru. Selama ini hubungan keluarga, kerabat maupun teman, menjadi pertimbangan yang seakan mutlak harus masuk dalam sistem kampus. Hal ini jika dilanjutkan maka tidak dipungkiri bila dinasti kecil dalam dunia akademik akan muncul dengan kepentingan mencari posisi aman dan tinggi. Hal inilah yang harus dipertimbangkan demi kemajuan dan kebaikan serta output mahasiswa. Maka dari itu, uji kelayakan harus selalu wajib dilakukan sebelum menjadi dosen di kampus ini, entah berupa ujian tes intelektual, training mengajar ataupun hal lainya.
Achmad Firman
Mahasiswa Syari’ah dan Hukum, Semester VI
UNISNU Jepara
0 Komentar untuk "Seleksi Kemampuan Dosen"

Back To Top