Pahami Hukum Acara Persidangan Melalui Simulasi Persidangan di Pengadilan Agama Jepara

Simulasi Persidangan Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara, Peserta PPL mengikuti simulasi persidangan
Mahasiswa Peserta PPL Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara melaksanakan Simulasi Persidangan di ruang Pengadilan Jepara pada Jum'at, (21/8)
LPMBURSA.COM, Jepara - Mahasiswa Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama Jepara mulai tanggal 18-28 Agustus 2015. Dalam PPL kali ini tidak hanya melakukan pengamatan yang ada didalam lingkungan Pengadilan Agama Jepara. Melainkan juga melaksanakan Praktik Simulasi persidangan secara langsung.

Pada hari Jum'at (21/8) 44 Mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk melaksanakan simulasi Persidangan perceraian di ruang sidang Pengadilan Agama Jepara. Dalam simulasi tersebut langsung dalam pengawasan dan pengarahan dari hakim Rifa'i.
Dalam sela-sela simulai mahasiswa selalu mendapatkan arahan dari Rifa'i baik itu ketika menjadi ketua hakim, hakim anggota, panitera, penggugat, tergugat dan saksi-saksi ataupun dalam hukum acara persidangan perdata. "Perhatikan acara persidangan, karena seringkali kita belum paham mengenai acara persidangan" ingat Rifa'i.

Mahasiswa tidak hanya cukup sekali melakukan simulasi persidangan untuk memahami mengenai alur acara yang ada dalam persidangan "saya mengharapkan Mahasiswa untuk melakukan simulasi persidangan berulang-ulang agar dapat mengerti." Imbuh Rifa'i

Selain itu Rifa'i juga mengingatkan mengenai simulasi yang digelar dikampus untuk membiasakan mahasiswa melakukan persidangan suatu saat nanti. "Mahasiswa bisa melakukan simulasi persidangan di kampus juga"

Ketiga simulasi berjalan lancar dan diyakini menambah ilmu bagi mahasiswa. "Asyik mengikuti simulasi langsung berada dalam arahan hakim Pengadilan Agama Jepara, dan ilmu yang biasanya belum saya dapat di kampus kali ini saya dapatkan dari simulasi kali ini." tutur Muwasaun Niam. (Redaksi lpm bursa)
Tag : FSH, News, UNISNU
0 Komentar untuk "Pahami Hukum Acara Persidangan Melalui Simulasi Persidangan di Pengadilan Agama Jepara"

Back To Top