Profil Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara

Profil Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara
LPMBURSA.COM, Jepara - Ilmu Falak yang selama ini sering disebut juga Ilmu Hisab Rukyat merupakan ilmu yang selama ini sangat bermanfaat bagi umat islam dalam menentukan pelaksanaan ibadah. baik yang berhubungan dengan waktu ibadah maupun posisi-posisi ibadah di alam ini. Tanpa ilmu falak, umat islam akan susah menentukan kapan shalat lima waktu dilaksanakan dan menghadap kemana shalat dilakukan. Begitu pula dalam penentuan awal bulan qomariyah yang berhubungan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

Tak jarang masyarakat yang tidak faham tentang ilmu falak, ilmu ini merupakan ilmu yang kurang populis di mata masyarakat. Tak pernah rasanya mendengar orang tua yang mendambakan anaknya untuk menjadi ahli falak. Anak-anak pun tak ada yang bercita-cita ingin menjadi ahli falak. Ilmu falak sering dianggap sebelah mata oleh kalangan awam. Hal ini pun senada dengan anggapan masyarakat yang menganggap ilmu falak merupakan ilmu yang sulit dan rumit untuk dipelajari, tak heran jika Ahli Falak merupakan orang yang langka di jagad ini. 
Baca juga: Profil LPM BURSA Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara

Lebih terkesan langka lagi dengan jarangnya Lembaga Pendidikan yang mengajarkan pelajaran Ilmu Falak. Kalau pun toh ada, tak sedikit di antara murid yang mengeluh susahnya memahami metode-metode falak.

Melihat realita diatas, Lembaga Kajian Ilmu Falak ( L-KIF ) adalah satu-satunya organisasi kampus dibawah naungan fakultas Syarii’ah dan Hukum yang siap mencetak kader-kader ahli falak melalui metode falak kontemporer dipadukan dengan falak klasik dan dibimbing lansung oleh dosen ahli falak.

Terbukti walau baru 2 tahun berdiri, LKIF mampu berpartisipasi mengawal UNISNU untuk lebih melebarkan sayapnya bekerjasama langsung dengan Ahli falak nasional yaitu Syaikh Misbahul Munir (Magelang), membuat jadwal waktu sholat dll. Dan menjadi partner BHRD kabupaten Jepara setiap event rukyatul hilal. 
 
Pembimbing : Hudi Al hafidz M.H.I.,

Ketua : Agil Muthomthom

Sekretaris: Nor Misbahuz Zein
Tag : FSH, UNISNU
0 Komentar untuk "Profil Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara"

Back To Top