Tigkatkan Kuantitas PKM, UNISNU Jepara Gelar ToT PKM

Tigkatkan Kuantitas PKM, UNISNU Jepara Gelar ToT PKM, PKM UNISNU Jepara, Universitas Islam Nahdatul Ulama' Jepara
Pembukaan Pelaksanaan PKM pada Sabtu-Minggu, 19-20 September di Gedung Rektorat UNISNU Jepara
LPMBURSA.COM, UNISNU Jepara - Program Kreativitas Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan istilah PKM merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen Dikti. Digelarnya PKM diharapkan dapat mengurangi kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan kontribusi nyata mereka dalam penyelesaian permasalahan dan realita masyarakat yang ada.

Tahun lalu Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ (UNISNU) Jepara berhasil mendapatkan 2 Proposal yang lolos dari Dikti. Demi meningkatkan kuantitas PKM pada tahun ini, UNISNU Jepara menggerlar Tranining of Trainer (ToT) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada hari Sabtu- Minggu, 19-20 September 2015 di gedung rektorat lantai 3 dengan menghadirkan Slamet Budi Cahyono narasumber yang berasal dari Universitas Brawijaya Malang. Pelatihan PKM tersebut di kemas dengan 2 sesi, pada hari pertama membincangkan mengenai startegi untuk meloloskan PKM di tingkatan Nasional. Sedangkan Hari kedua di isi dengan bimbingan dan konsultasi penulisan proposal PKM yang telah ditugaskan pada hari sebelumnya. 

Slamet Budi Santoso mengungkapkan bahwa PKM yang akan di buat ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Pertama, Pemilihan ide yang tepat, pemilihan ide yang pas nantinya akan lebih mudah melaksanakan PKM. Kedua, proposal PKM harus efektif, proposal bisa di katakana efektif apabila dalam penulisannya sesuai dengan kriteria yang dianjurnkan dalam buku panduan pembuatan PKM. Ketiga, presentasi merupakan hal yang fital, mengapa sampai fital karena dari tahun ke tahun di daerah jateng ini banyak sekali proposal yang dikirim dan memunculkan ide-ide dan diterima, Namun, saat presentasi banyak yang tidak sukses.

Dalam Pelatihan tersebut ada 80 Mahasiswa yang berpartisipasi dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 20 peserta, Fakultas Syariah dan Hukum 10 peserta, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 10 peserta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 22 peserta, Fakultas Sains dan Teknologi 18 Peserta. (Niam/LPMBURSA)
Tag : News, UNISNU
0 Komentar untuk "Tigkatkan Kuantitas PKM, UNISNU Jepara Gelar ToT PKM"

Back To Top