FSH UNISNU Kenalkan Ilmu Falak ke MA Hasyim Asy'ari Bangsri

Pelatihan Ilmu Falak oleh Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara

LPM BURSA
Bpk Hudi memberikan arahan kepada siswa MA HA
Ilmu Falak merupakan ilmu yang sangat penting. Bagaimana tidak? Dalam beribadah, umat Islam menggunakan ketentuan-ketentuan tertentu yang hanya dipelajari dengan Ilmu Falak. Ketentuan tersebut meliputi hari-hari besar keagamaan, gerhana matahari maupun bulan, penentuan arah kiblat dan waktu shalat yang masing-masing wilayah berbeda-beda, juga masih banyak lagi.

Mengingat pentingnya Ilmu Falak, maka dapat dikatakan mempelajarinya merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Hal ini sesuai dengan kaidah yang berbunyi “sesuatu yang dengan itu suatu kewajiban menjadi sempurna, maka sesuatu itu hukumnya wajib.” 

Dengan alasan tersebut di ataslah Kaprodi Al-Ahwal Al Syakhsiyah FSH UNISNU Jepara menggiatkan kegiatan pelatihan Ilmu Falak, dan untuk kali ini yang menjadi tarjet pelatihan adalah siswa-siswi SMA/ MA se-Jepara.

Pelatihan pertama dimulai dari MA Hasyim Asy’ari Bangsri yang dilaksanaka pada hari Jum’at 20 November 2015. Dengan dinarasumberi langsung oleh Bapak Hudi, SHI., MSI., selaku Kaprodi sekaligus dosen mata kuliah Ilmu Falak, diharapkan pelatihan ini dapat mudah dipahami dan dipraktikkan langsung oleh peserta. 

Pelatihan kali ini tergolong unik, karena narasumber melibatkan mahasiswa untuk menjadi pendamping peserta dalam proses pelatihan. Jadi, meskipun saat materi penyampaiannya dilakukan secara klasikal, saat praktek dilakukan dengan individual untuk memudahkan peserta.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut adalah meliputi penanggalan Masehi, Hijriah, dan Jawa. Pertama peserta diajak untuk menghitung awal tahun Masehi bertepatan dengan hari dan pasaran apa, serta bertepatan dengan tanggal dan bulan apa dalam Hijriah. Selanjutnya, peserta mendapat tugas untuk membuat kalender selama satu tahun penuh untuk satu kelompok. Namun sebelumnya masing-masing peserta diperbolehkan menghitung tanggal lahir masing-masing dengan didampingi kakak-kakak mahasiswa.

 Acara yang berlangsung selama satu hari ini disambut dengan antusiasme para peserta. Hal ini terlihat saat waktu evaluasi tugas tiba. “Awalnya memang agak sulit dipahami, tapi setelah dicoba dan melihat hasilnya, ternyata seru juga,” ujar salah seorang peserta setelah menyelesaikan tugasnya dan melihat hasilnya. Di penghujung acara, diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama.RS.Ida
0 Komentar untuk "FSH UNISNU Kenalkan Ilmu Falak ke MA Hasyim Asy'ari Bangsri"

Back To Top