FSH: Road Show Ilmu Falak Jilid 5

  • Mengenalkan Ilmu Falak Di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Jepara


    Penyampaian materi penaggalan jawa oleh Bpk Hudi
    UNISNU- Minggu (17/1) Fakultas Syariah Dan Hukum Unisnu Jepara melaksanakan pelatihan Falak di Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara yang ke-5 yang sebelumnya juga sudah diadakan di beberapa Madrasah Aliyah di Jepara diantaranya yaitu yang pertama di MA Hasyim Asy’ari Bangsri kemudian yang kedua di MA Zumrotul Wildan Ngabul setelah itu di MA Al Alawiyah Karangrandu Pecangaan serta di MA Miftahul Huda Raguklampitan Batealit dan yang kelima di MA NU Nahdlatul Fata.


Acara pelatihan di MA NU Nahdlatul Fata dilaksanakan di aula Madrasah yang diikuti oleh sekitar 70 siswa dimulai dari pagi hingga siang. Materi yang disampaikan adalah materi dasar tentang ilmu falak yaitu tentang penghitungan tanggal Masehi dan Hijriyah kemudian juga materi pembuatan kalender Hijriyah dan Masehi serta rukyatul hilal dan menentukan arah kiblat. Pelatihan yang berlangsung dari pagi hingga siang tersebut disampaikan oleh Dosen Ilmu Falak Bapak Hudi, M.S.I dan dibantu oleh organisassi Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum yaitu Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) untuk mendampingi para siswa selama pelatihan berlangsung. Pelatihan selanjutnya akan dilaksanakan besok 18/1/16 di salah satu Madrasah Aliyah di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.

Acara pelatihan tersebut bertujuan untuk mengenalkan Ilmu Falak kepada para siswa tentang pentingnya Ilmu Falak didalam kehidupan individu maupun bermasyarakat. Dimana Ilmu Falak mempelajari tentang waktu dan arah, kapan dan dimana manusia (muslim) melaksanakan kewajibannya, seperti shalat, puasa dan haji. RS.Aufal Haq
0 Komentar untuk "FSH: Road Show Ilmu Falak Jilid 5"

Back To Top