KKL Fakultas Syari’ah dan Hukum UNISNU Didik Mahasiswa Kerja Lapangan di PTA Prov. Jawa Tengah.

LPM BURSA
Mahasiswa FSH Melakukan foto bersama Hakim Agung di depan Gedung PTA setelah seminar, Selasa (9/2)
LPM BURSA - Semarang, (9/2). Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah Fakultas Syari'ah dan Hukum Universitas Islam Nahdlatul Ulama' (UNISNU) Jepara melakukan KKL di Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang, yang di pimpin Langsung Oleh Dekan FSH (Ah. Bahrowi_ beserta jajaran dosen dan juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKL FSH 2016. KKL ini merupakan mata kuliah yang khususkan bagi mahasiswa yang berada di semester 5 oleh FSH UNISNU Jepra. KKL ini dilaksanakan di Aula PTA Semarang yang diikuti oleh para peserta KKL mahasisswa smester V Program Studi AS Fakultas Syari'ah Dan Hukum UNISNU Jepara tahun akademik 2015-2016 yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Aara Kuliah Kerja Lapangan ini di buka dengan Seminar yang membahas tentang Materi Hukum Acara Perdata yang dibawakan oleh Hakim Tinggi Drs. H. Cholidul Azhar, S.H.,M.Hum dan Drs. H. Misbachul Munir, S.H. Kegiatan ini diharapkan supaya memberikan pengalaman riil kepada mahasiswa terhadap teori praktik di lapangan berkaitan disiplin keilmuan Hukum dan kompetensi di PTA Semarang.

Program Studi AS Fakultas Syari'ah Dan Hukum sebagai lembaga yang mempersiapkan mahasiswa terampil dan kompeten dalam menerapkan prinsip-prinsip dan teori Hukum Perdata Islam dan Hukum Perdata Positif dalam bentuk lembaga penyelesaian perkara-perkara, membuat draff putusan dan memberikan bantuan hukum, terampil menerapkan adminidtrasi lembaga peradilan dan juga terampil dalam menjalankan tugas sebagai Hakim dan atau Panitera. Oleh karena itu KKL ini merupakan salah satu bagian yang signifikan dalam rangka mencapai hal tersebut. Adapun Hukum perdata sebelum lahirnya UU peradilan nomor 7 tahun 1989 Telah diubah dengan UU Peradilan Agama yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 dan Undang-undang Nomor 50 Tahun 2009. Kewenangan Peradilan setelah lahirnya Undang yang baru menjadi semakin luas.
Dengan mengikuti materi yang ada sebagai bekal para mahasiswa serta sebagai tambahan materi diperkuliahan.

“Tujuan khusus pelaksanaan KKL Program Studi AS Fakultas Syari'ah Dan Hukum Unisnu Jepara tahun akademik 2015-2016 adalah membimbing pengetahuan mahasiswa ke arah terbentuknya pribadi Mahasiswa yang kompeten dalam bidang dan keahlianya. melalui KKL mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai ke-Administrasi-an, ke-Panitera-an, kewenangan dan fungsi PTA Semarang, serta mampu bersikap profesional dalam menangani masalah proses hukum yang berkembang di masyarakat dan memiliki ketrampilan dalam teknik penyelesaian perkara”. Tutur Dekan FSH UNISNU Jepara (Ahmad Barowi).

Mahasiswa yang mengikuti KKL ini sangat antusias sekali dan mereka selalu ingin menambah wawasan dengan menanyakan setiap penjelasan yang disampaikan oleh Hakim Agung. Mahasiswa juga dapat melihat langsung terhadap kondisi lapangan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang, "Semoga kegiatan KKL Program Studi Al Ahwal Al Syakhshiyyah Fakultas Syari'ah Dan Hukum Universitas Nahdlatul Ulama' di PTA Semarang dapat bermanfaat bagi semua pihak, bagi Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dengan selalu mengharapkan hidayah dan berkah Allah SWT dan memberikan balasan yang lebih baik." ujar peserta KKL. RS/Aufal Haq
0 Komentar untuk "KKL Fakultas Syari’ah dan Hukum UNISNU Didik Mahasiswa Kerja Lapangan di PTA Prov. Jawa Tengah."

Back To Top