Cara Membuat Artikel Yang Baik Maupun Benar


LPM BURSA
Cara Membuat Artikel Yang Baik Maupun Benar

Pertama – tama Kenali jenis artikel yang akan Anda tulis. Sambil memikirkan topik dan gagasan penulisan, pikirkan juga jenis artikel yang akan di buat. sekiranya paling tepat untuk menyampaikan gagasan yang akan Anda komunikasikan. Sebagian jenis artikel lebih cocok untuk menyampaikan topik-topik tertentu. Berikut adalah beberapa jenis artikel yang umum:

  • ·         Berita: Jenis artikel ini memaparkan fakta-fakta mengenai peristiwa yang baru-baru saja terjadi atau akan terjadi segera. Biasanya artikel jenis ini berisi jawaban dari enam pertanyaan dasar: siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana.

  • ·         Fitur: Jenis artikel ini menampilkan informasi dengan cara yang lebih kreatif dan deskriptif daripada artikel berita biasa. Artikel fitur dapat membahas seorang tokoh, sebuah peristiwa, suatu tempat, atau topik-topik lainnya.

  • ·         Editorial: Artikel ini menunjukkan opini si penulis terhadap suatu topik atau perdebatan. Tujuannya adalah untuk menggiring para pembaca agar memiliki pandangan tertentu mengenai topik yang dibahas.

  • ·         Panduan: Jenis artikel ini memberikan instruksi dan informasi yang jelas mengenai cara melakukan suatu hal.

  • ·         Sosok: Jenis artikel ini menyajikan informasi mengenai seseorang, dengan informasi yang biasanya didapat oleh si penulis melalui proses wawancara dan penelitian latar belakang.

Jika kita sudah tau beberapa jenis artikel yang pada umumnya. Kita bisa memulainya dengan memilih tema tulisan, tema tulisan adalah pokok pembahasan dalam artikel. Pilihlah tema yang mudah dan dikuasai. Misalnya, motovasi, prestasi, strategi, dan lainya.
Cara yang berikutnya kita memulainya dengan kerangka, bisakan menulis dengan membuat kerangka tulisan. Menyajikan kalimat yang penting secara garis besar. Misalnya, tema artikel tentang Hukum. Maka poin-poin yang di buat akan mudah dengan mempunyai kerangka yang jelas. Misalnya, ada apa dengan hukum? Mengapa hukum itu ada? Apa pentingnya hukum itu? Kerangka sepertui ini kita harus memperdalamnya masing-masing.
Selanjutnya cara Membuat paragraf pembuka dengan baik, Kalimat pada paragaf pembuka, ibarat sebuah etalase toko yang memamerkan barang-barang bagus dan disusun sangat rapi. Tujuannya adalah menarik perhatian calon pembeli. Begitu pula halnya dengan fungsi paragraf pembuka sebuah artikel ilmiah.
Menuliskan gagasan pokok secara jelas. Tulisan ilmiah popular hanya berkisar 2,5 sampai 3,5 halaman. Oleh sebab itu kemukakan gagasan pokok tulisan di bagian awal paragraf. Dengan demikian pembaca dapat menangkap apa yang hendak disampaikan oleh penulis.
Memberikan ilustrasi yang wajar di sebuah artikel, ilustrasi yang menarik di tampilkan berupa gambar atau foto yang mendukung ulasan dalam artikel yang akan di tulis. Namun dalam tulisan ilmiah popular, segala ilustrasi ditampilkan dalam rangkaian kalimat pada paragraf. Ilustrasi yang dibuat haruslah yang wajar, tidak mengada-ada dan logis.
Mempelajari cara dan gaya penulisan. Sebenarnya bahasa yang baik dan benar itu bersifat relatif. Namun sebagai panduan bagi penulis adalah, media cetak mana yang kita pilih untuk mengirim tulisan. Setiap media cetak itu mempunyai cara dan gaya penyajian yang berbeda. Maka pelajari cara dan gaya penulisan media yang dituju.
Menutup artikel dengan paragraf yang kuat. Yang tak kalah penting adalah membuat paragraf penutup yang kuat. Artinya, semua gagasan pada paragraf sebelumnya harus diperkuat pada paragraf terakhir. Biasanya boleh dipergunakan kalimat berupa kesimpulan dari apa yang telah dibahas.
Menyunting atau tahap terakhir dalam membuat artikel dengan seksama.Tahap yang paling lama membutuhkan waktu adalah menyunting artikel yang sudah berhasil dibuat. Periksa kembali segala kata, kalimat dan paragraf yang ada. Begitu pula ejaan dan tanda baca. Biasanya editor media cetak enggan mengedit artikel kiriman yang terlalu banyak kesalahan pada ejaan dan tanda baca. (RS/Iphul DoanG)
0 Komentar untuk "Cara Membuat Artikel Yang Baik Maupun Benar"

Back To Top