Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Bulan Dzulhijjah


Keutamaan Bulan Dzulhijjah


Hari ini ditetapkan sebagai tanggal 1 Dzulhijjah setelah hari Kamis kemarin rukyah tidak dapat terlihat. Sehingga tanggal 1 jatuh pada hari Sabtu, 3 September 2016. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia karena pada bulan ini seluruh umat Islam bisa melakukan ibadah haji dan melakukan qurban. Hari raya idul adha ang merupakan salah satu dari dua hari raya besar umat Islam juga jatuh pada bulan ni yaitu pada tanggal 10 dzulhijjah. 

Di bulan Dzulhijjah ini banyak amalan-amalan yang bisa dilakukan seperti ibadah haji, qurban dan lain sebagainya. Bulan ini juga memiliki keutamaan apalagi di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Pada sepuluh hari pertama ini merupakan hari yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Untuk itu pada hari-hari ini disunnahkan untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti puasa, sedekah, dzikir dan lainnya. 

Imam Ibnu Hajar al-’Asqalani berkata, “Tampaknya sebab yang menjadikan istimewanya sepuluh hari (pertama) Dzulhijjah adalah karena padanya terkumpul ibadah-ibadah induk (besar), yaitu: shalat, puasa, sedekah dan haji, yang (semua) ini tidak terdapat pada hari-hari yang lain. Karena hanya pada bulan inilah ibadah haji bisa dilaksanakan, oleh karena itu bulan ini dianggap bulan yang begitu istimewa. 

Pada tanggal 10 Dzulhijjah merupakan puncak dari keutamaan bulan ini, karena pada tanggal itulah umat Islam merayakan hari raya Idul adha dan melaksanakan ibadah qurban. Ibadah qurban merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Karena pada hari itulah umat Islam bisa saling berbagi dengan orang yang tidak ammpu dengan cara membagikan daging hewan qurban seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Momen ibadah Qurban memang bisa dijadikan untuk saling berbagi dengan sesama.

0 Komentar untuk "Keutamaan Bulan Dzulhijjah"

Back To Top