UIN Jakarta Bekerjasama dengan UNISNU Mengadakan Kegaitan OPTIKA XVI

UIN Jakarta Bekerjasama dengan UNISNU Mengadakan Kegaitan OPTIKA XVI   

para peserta sedang bersiap mengikuti pembukaan OPTIKA XVI

 

para peserta dan pembimbing khidmat mengikuti pembukaan OPTIKA XVI

UNISNU- (17/09) bertempat halaman gedung UNISNU Jepara, acara pembukaan Olimpiade Matematiak (OPTIKA) yang ke XVI dimulai. Pembukaan dimulai pukul 08.30 setelah sebelumnya para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu. Kegiatan olimpiade ini diadakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan BEM FSH UNISNU Jepara. Olimpiade ini merupakan pogram tahunan yang dilakukan oelh HMP Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jadi kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun. Olimpiade ini merupakan olimpiade tingkat sekolah dan madrasah se-Indonesia yang dibagi dalam beberapa wilayah. Untuk lomba yang diadakan di UNISNU ini merupakan bagian dari wilayah Jawa Tengah. Di mana untk wilayah Jawa Tengah itu dibagi di tiga tempat yaitu di Jepara, Semarang dan Purwokerto. 

Olimpiade Matematka (OPTIKA) ke XVI ini diikuti oleh siswa-siswi dari tingkat MI hingga Madrasah Aliyah. Para peserta yang mengikuti lomba di wilayah jepara ini terdiri dari sekolah-sekolah yang ada di Jepara, Pati dan Kudus. Untuk tingkat MI/ SD ada 12 kelompok, timgkat MTs ada 11 kelompok. Sedangkan untuk tingkat MA ada 7 kelompok. Masing-masing kelompok ini terdiri dari 3 orang. Menurut koordinator OPTIKA wilayah Jepara  Imtiyazul untuk tingkatan SD/MI dan MTs akan diambil dua kelompok sedangkan untuk tingkatan MA diambil satu kelompok yang akan maju ke tahap kedua nanti. Tahap kedua ini akan dilaksanakan pada hari Senin, 19 September 2016. Kemudian yang lolos nanti akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu tahap ketiga. 

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di UNISNU Jepara, karena sebelumnya belum pernah mengadakan kegiatan seperti ini. Ini merupakan sebuah momentum penting bagi UNISNU Jepara khususnya fakultas Syariah dan Hukum yang bekerjasama mengadakan olimpiade Matematika tahun ini. 

Olimpiade Matematika ini mengusung tema “Meraih kemuliaan islam dengan generasi muslim cerdas Matematika” diharapkan dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan para generasi Islam yang memiliki ahli di bidang sains khususnya Matematika. Karena Islam tidak hanya tentang belajar mengaji atau yang berhubungan dengan agama. Tetapi juga ilmu-ilmu dunia seperti halnya Matematika, Fisika, Kimia dan sebagainya. Ilmu-ilmu seperti itu tentu sanagt penting untuk generasi Islam selanjutnya. Karena sejarah telah membuktikan bahwa generasi Islam zaman dulu bisa menguasai ilmu agama dan juga ilmu dunia. Mereka dengan karyanya membawa Islam menuju zaman keemasan yang diingat sepanjang masa.


0 Komentar untuk "UIN Jakarta Bekerjasama dengan UNISNU Mengadakan Kegaitan OPTIKA XVI "

Back To Top