Pelatihan PPM untuk Bekal Akademik Mahasiswa Baru

Muhammad Iklil sedang menayampaikan materi tentang tatacara penulisan makalah

Jum’at- (30/9) bertempat di Bulungan  tepatnya di kediaman bapak Barowi mahasiswa baru mengikuti pelatihan pembuatan makalah (PPM) yang diadakan BEM FSH bekerjama dengan PMII Rayon Syari’ah. Kegiatan yang dimulai pukul 18.00 ini akan dilaksanakan hingga hari Sabtu, 1 Oktober  2016. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mahasiswa baru agar nanti bisa menyesuaikan diri  dengan proses pembelajaran di kampus. Karena di dunia perkulahan yang tidak lepas dari pembuatan makalah. Karena setiap dosen pasti memberi tugas untuk membuat makalah. Karena kebutuhan itulah, maka BEM FSH dan PMII Rayon Syari’ah bekerjasama untuk membuat Pelatihan Pembuatan Makalah (PPM). 

Kegiatan ini diiikuti oleh mahasiswa baru fakultas Syariah dan hukum yang terdiri dari prodi Al-Ahwal Asy-Syakhsiyah dan Perbankan Syariah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sekitar 50 peserta. Acara ini dibuka dengan sambutan Dekan faklutas Syariah yaitu ibu Mayadina Rohma Musfiroh. Beliau menyatakan sangat menyambut baik kegiatan pelatihan ini karena ini merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Menurut beliau BEM fakultas Syari’ah merespon dengan cepat kebutuhan mahasiswa baru dan menyediakan fasilitas untuk itu. 

Kegaitan Pelatihan Pembuatan Makalah ini terdiri dari tiga bagian yaitu pertama bagian sistematika makalah yang diisi oleh bapak Nur Kholis, bagian penulisan yang diisi oleh Muhammad Iklil dan presentasi makalah yang diisi oleh Muhammad Aufal Haq. Untuk sistematika makalah yang diisi bapak Nur Kholis berlangsung selama dua jam yaitu pukul 20.00-22.00. sedangkan untuk tata cara penulisan dimulai pukul 22.30-24.00. meskipun lelah para peserta tampak begitu antusias dalam menikuti kegiatan ini.  Setelah itu para mahasiswa diberi tugas untuk membuat makalah sesuai dengan materi yang telah ditentukan. Panitia juga menyediakan berbagai buku sebagai modal untuk referesnsi. 

Diharapkan dengan membuat makalah ini, para peserta bisa langsung mempraktikkan teori-teori yang telah diajarkan oleh para pemateri. Sehingga para peserta tidak mudah lupa dengan materi yang telah diajarkan. Untuk presentasi makalah dilakukan esok harinya yaitu pada Sabtu, 1 Oktober 2016. Presentasi makalah ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa baru menyampaikan ide atau gagasan di depan banyak orang. Harapannya setelah pelatihan  pembuatan makalah ini, mahasiswa bisa mempunyai bekal untuk memulai perkuliahan dan bisa langsung beradaptasi dengan sistem pembelajaran di kampus. (RS/Sri Pujiati)

0 Komentar untuk "Pelatihan PPM untuk Bekal Akademik Mahasiswa Baru"

Back To Top