Lagi, Mahasiswa Syariah Lakukan Observasi

para mahasiswa didampingi dosen sedang berfoto bersama dengan salah satu pegawai DPRD di depan gedung DPRD Senin (7/11)


UNISNU- (7/11) mahasiswa fakultas Syariah dan Hukum semester 7 lakukan observasi. Kali ini mahasiswa melakukan observasi di gedung DPRD Jepara yang terletak di Jalan Pemuda. Para mahasiswa yang berjumlah 15 ornag ini didampingi oleh bapak Wahidullah sebagai dosen yang mendampingi. Para mahasiswa ini melihat ruangan yang ada di gedung DPRD. Karena gedung DPRD merupakan tempat yang sangat penting bagi lembaga legislatif yang ada di kabupaten Jepara. Gedung DPRD merupakan tempat untuk menghasilkan prosuk-produk hukum untuk kabupaten Jepara seperta Perda (Peraturan Daerah) dan peraturan-peraturan lainnya. 

Observasi ini dilakukan sebagai bentuk pendalaman terhadap teori yang telah disampaikan, sehingga nanti para mahasiswa bisa lebih mendalami materi tersebut. Terutama dalam hal mata kuliah legal drafting. Menurut bapak Wahidullah selaku dosen mata kuliah legal drafting bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung produk daerah yang dihasilkan oleh DPRD. Karena dengan melihat langsung di lapangan para mahasiswa bisa lebih jelas dan tidak sekedar membayangkan. Untuk itulah kegiatan observasi ini dilakukan.

Kegiatan ini juga akan berlanjut hingga besok. Karena besok anggota DPRD kabupaten akan melakukan rapat paripurna untuk membahas anggaran kabupaten Jepara. Sehingga besok mahasiswa akan melanjutkan kembali observasi di gedung DPRD. Tujuannya nanti mahasiswa bisa melihat proses para anggota DPRD bersidang hingga nanti dapat menghasilkan produk hukum. Selain itu mahasiswa juga menyaksikan secara langsung suasana para dewan saat membahas peraturan-peraturan untuk daerah kabupaten. Saat observasi para mahasiswa didampingi oleh bapak Heru Sudarto yang bekerja di bagian perundang-undangan.

Para mahasiswa mengaku sangat senang dan menyambut baik kegiatan tersebut karena hal itu dapat menambah pengetahuan dan juga memperdalam materi yang telah diberikan di perkuliahan. Sehingga mereka begitu bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mengaku tidak hanya berangan-angan atau sekedar membayangkan tapi bisa melihat bentuk nyata dari proses pembentukan undnag-undang. (R/S Sri Pujiati)

0 Komentar untuk "Lagi, Mahasiswa Syariah Lakukan Observasi"

Back To Top