Materi Kebangsaan Untuk Tingkatkan Jiwa Nasionalisme


para peserta sedang memerhatikan materi tentang wawsan kebangsaan dan bela negara oleh bapak Nur Chamid di markas Kodim Jepara (Sabtu, 17/12)

Jepara- Sabtu (17/12) bertempat di markas Kodim Jepara kegiatan pelatihan bela negara dan bakti sosial dialksanakan. Di hari kedua ini para peserta akan mendapt materi tentang leadership yang akan diberikan oleh Komandan Menwa Arif Rahman Hakim. Sedangkan untuk materi wawasan kebangsaan dan wawasan bela negara diberikan oleh bapak Nur Chamid selaku danramil Mayong Jepara yang sudah beberapa kali mengisi acara yang serupa. 

Beliau mengaku prihatin dengan kondisi generasi muda saat ini, di mana beliau melihat banyak generasi muda yang tidak mengetahui tentang bangsanya sendiri. Sehingga banyak perilaku yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indoensia. Untuk itulah beliau mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan bela negara ini untuk menumbuhkan nasionalisme dalam jiwa generasi muda. Beliau juga mengingatkan kepada para peserta untuk menjaga sopan santun dan budaya ketimuran di manapun mereka berada. 

Bapak Nur Chamid juga mengutip pesan dari Jenderal Soedirman kepada para tentaranya saat berperang melawan kolonial Belanda. Pesan itu berbunyi “Wahai rakyatku janganlah kalian lengah, apabila kalian lengah maka kalian akan kalah dan apabila kalian kalah maka akan menambah rakyat menderita”. Pesan ini diartikan bahwa sebagai bangsa Indonesia kita harus  selalu waspada terhadap kondisi apapun. Terhadap perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern maupun terhadap ancaman-ancaman yang akan mengganggu persatuan dan kebangsaan bangsa Indonesia. 

Bapak Nur Chamid mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan bela negara dan bakti sosial tersebut sebagai bentuk pengenalan terhadap bangsa Indonesia. Selain itu, beliau berharap di sekolah-sekolah mereka diajarkan mengenai wawasan kebangsaan tersebut. Karena menurut beliau materi tentang kebangsaan itu masih sangat sedikit dan kurang. Beliau juga berterima kasih kepada para pihak yang mau mengadakan kegiatan tersebut.  Karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif, sehingga beliau berharap kegiatan ini bisa terus dilangsungkan. (R/S Sri Pujiati)

0 Komentar untuk "Materi Kebangsaan Untuk Tingkatkan Jiwa Nasionalisme"

Back To Top