Menulis Peluang Bisnis


bapak Kartika Catur Pelita sedang memberikan penjelasan mengenai peluang bisnis dari menulis di gedung FEB lantai 3 Sabtu (18/3)

Sabtu (18/3) – LPM Ekonomika FEB mengadakan seminar jurnalistik dengan tema “Let’s Do Business by Writing” yang diadakan di lantai gedung tiga gedung FEB UNSINU Jepara. Seminar ini dilaksanakan sejak pukul 09.00 dengan M. Zainal Abidin dan Kartika Catur Pelita sebagai narasumber. Kedua narasumber ini merupakan orang yang sudah memiliki kualitas di bidang kepenulisan. Bapak M. Zainal Abidin misalnya, beliau adalah wartawan Jawa Pos Radar Kudus dan Kepala Biro Jepara. Sedangkan bapak Kartika Catur Pelita merupakan seorang penulis novel dan cerpen. Karya-karya beliau sudah banyak yang diterbitkan oleh media cetak atau koran. Beliau juga aktif di komunitas AMJ (Akademi Menulis Jepara) yang beliau rintis beberapa tahun ini. 

Seminar jurnalistik ini tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa fakultas Ekonomi saja tetapi fakultas lain seperti fakultas Syariah, Tarbiyah dan Saintek. Para peserta terlihat antusias mengikuti seminar tersebut karena para narasumber menyampaikan dengan bahasa yang jelas komunikatif sehingga para peserta bisa mudah mnegikuti dan memahami. 

Bapak Zainal Abidin menjelaskan lembaga pers dapat dijadikan bisnis baik itu melalui media online maupun media konvensional. Banyak sekali media-media online yang bermunculan karena aksesnya yang cepat dan mudah. Namun media online juga memiliki kelemahan yaitu jika kita tidak mampu mengelola media dengan baik maka media tersebut akan ditinggalkan oleh pembacanya. Sedangkan jumlah pembaca itu sangat memengaruhi jumlah pemasang iklan yang ada di media kita. 

Beliau menjelaskan bahwa pers itu tidak hanya sebagai sarana pemberi informasi atau hiburan semata tetapi juga memiliki fungsi ekonomi. Di mana setiap lembaga atau perusahaan pers harus mampu mengelola perputaran ekonomi yang ada di lembaga tersebut agar mampu menggaji karyawan atau wartawan di lembaga tersebut. Pers yang bergerak dalam bisnis harus mengikuti asas bisnis media yaitu mampu menjaga kualitas berita, foto dan tampilan. Karena hal ini sangat memengaruhi jumlah pembaca di media. Dan jumlah pembaca tersebut sangat memengaruhi jumlah pemasang iklan di media. Oleh karena itu, media harus selalu up to date terhadap perkembangan informasi yang ada di masyarakat. 

Sedangkan bapak Kartika Catur Pelita, menyatakan bahwa menulis dapat dijadikan peluang untuk berbisnis. Peluang bisnis dari menulis itu misalnya, menjadi penulis blog seperti Trinity Bog yang mampu menulis buku the Naked Traveller yang sekarang difilmkan, penulis skenario seperti Hanung Bramantyo, penulis naskah iklan dna masih banyak lagi bisnis yang bisa kita lakukan dari menulis. 

Sebagai seseorang yang menjadikan penulis sebagai profesi, maka beliau harus profesional di mana setiap hari beliau harus menulis. Menurut beliau ornag yang menulis merupakan ornag yang pintar. Dia juga mnegutip pendapat Pramoedya Ananta Tur yang menyebutkan bahwa menulis merupakan pekerjaan yang abadi karena karyanya akan selalu dikenang sepanjang masa. Sebagai seorang penulis, beliau bercerita bahwa untuk menjadi penulis seperti beliau sekarang banyak hal yang harus dilalui dan itu tidak mudah. Butuh perjuangan dan ketekunan yang tinggi. 




0 Komentar untuk "Menulis Peluang Bisnis"

Back To Top