FKJ Gelar Pemilihan Duta GenRe Jepara

salah satu peserta sedang menampilkan bakatnya dalam pemilihan duta GenRe di ruang microteaching lantai 3 UNISNU Jepara, Rabu (5/4) kemarin.

UNISNU (5/4) – Forum Kajian Jender (FKJ) PMII menyelenggarakan pemilihan duta generasi berencana (GenRe) 2017 di ruang microteaching lantai 3 gedung hijau UNISNU Jepara. Pemilihan duta genRe ini diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari 9 peserta perempuan dan 6 peserta laki-laki. Semua peserta ini merupakan mahasiswa dan mahasiswi UNISNU Jepara yang memenuhi persyaratan. Di antaranya yaitu berusia 16-22 tahun, bebas dari NAPZA dan mempunyai kemampuan public speaking yang baik. 

Ada beberapa aspek yang dinilali oleh dewan juri yaitu substansi materi, performance dan minat bakat. Ada tujuh materi yang diberikan oleh dewan juri yaitu Pencegahan HIV, pencegahan NAPZA, Peran PIK (Pusat Informasi Konseling) bagi remaja, 8 Fungsi Keluarga, Penurunan Angka ASFR (Age Specific Fertility Rate), Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dan pentingnya life skill bagi remaja. Sedangkan yang menjadi dewan juri untuk menilai peserta ini terdiri dari berbagai latar belakang. Yaitu   Agus Wijayanto dari DP3AP2KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana), Hatu Dian Yulistianti dari Dosen UNISNU Jepara, Rani Permatasari seorang aktivis remaja.

Selain peserta dan dewan juri, pemilihan duta genre ini juga dihadiri oleh duta genre 2016 yaitu Siti Humidah Aryani dan M. Badruddin. Sebelum pemilihan duta genre dimulai, duta genre 2016 ini menyampaikan bahwa peserta yang terpilih ini bisa menjadi contoh bagi para remaja lain. 

 “ Besar harapan dengan terpilihnya Duta GenRe mampu menjadi figur/ teladan bagi teman sebayanya serta mampu mempromosikan program GenRe di masyarakat agar tercipta remaja-remaja Indonesia memiliki perencanaan yang mapan baik dari segi pendidikan, karir dan pernikahan” tutur Siti Humaidah Ariyani.

Para peserta diberikan waktu untuk memberikan penyuluhan dan setelah itu mereka diberikan pertanyaan oleh dewan juri. Setelah itu mereka diberi kesempatan untuk menampilkan bakat mereka. Dari 15 peserta itu kemudian dipilih 6 peserta terbaik yang terdiri dari 3 laki-laki dan perempuan. Untuk Juara 1 putri yaitu Febby Cynitia dari semester 2 PBI, Juara 2 Riski Hardiyanti dari semester 4 PBI dan juara 3 Rifka Anjayani Alfa dar 6 PBI. Sedangkan untuk laki-laki yang menjadi juara 1 yaitu M. Afrizal Malna dari 2 Akuntansi, juara 2 Muhammad Irham semester 2 PAI, juara 3 Muhammad Zainur Rofiq semester 2 PAI.

Untuk juara 1 laki-laki dan perempuan ini akan mewakili Jepara di tingkat provinsi yang akan diadakan bulan Juli nanti. Peserta yang terpilih ini juga akan diberi bimbingan sebelum mengikuti pemilihan di tingkat provinsi. (Sri Pujiati/ LPM BURSA).



0 Komentar untuk "FKJ Gelar Pemilihan Duta GenRe Jepara "

Back To Top